Rabu, 10 Oktober 2012

EKONOMI KOPERASI BAB XI

A. Peranan Koperasi di Berbagai Keadaan.
Berdasarkan sifat dan bentuknya pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu sebagai berikut :
1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
2. Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market). Dan pada pasar persaingan tak sempurna, dibagi lagi menjadi :
a) Monopoli.
b) Persaingan Monopolistik (monopolistik competition).
c) Oligopoli.
B. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competitive Market).
Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna :
1. Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak.
2. Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen).
3. Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar.
4. Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.

Persaingan Sempurna


C. Pasar Monopolistik.
Ciri-cirin Pasar Monopolistik :
1. Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam.
2. Produk yang dihasilkan tidak homogen.
3. Ada produk substitusinya.
4. Keluar atau masuk ke industri relatif mudah.
5. Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya.
6. Lihat gambar di bawah ini.

D. Pasar Monopsoni.


Kelangsungan hidup Koperasi jangka panjang pada pasar persaingan Monopsoni


E. Pasar Oligopoli.
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar. Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.


Koperasi dengan Biaya Tinggi Dalam Suatu Pasar Oligopoli


>
Koperasi dengan Kemampuan Sama di Pasar Oligopoli


• Penawaran Harga yang bersifat Predator
• Price Leadership :
- Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya Terendah.



Price leadership oleh Perusahaan Dominan



Rintangan-rintangan Memasuki Pasar



Skala Ekonomis sebagai Rintangan untuk Memasuki Pasar Oligopoli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar